Pengenalan
Surat pengantar berkas dinas merupakan dokumen penting yang diperlukan dalam proses administrasi di instansi pemerintah. Dalam tutorial ini, kita akan membahas secara detail tentang surat pengantar berkas dinas di tahun 2023.
Definisi Surat Pengantar Berkas Dinas
Surat pengantar berkas dinas adalah surat resmi yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah untuk mengantar berkas dinas dari satu instansi ke instansi lainnya. Surat ini berisi informasi tentang identitas pengirim, identitas penerima, dan juga informasi mengenai berkas dinas yang dikirim.
Persyaratan Membuat Surat Pengantar Berkas Dinas
Untuk membuat surat pengantar berkas dinas, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Pertama, pengirim harus memiliki surat permohonan dari atasan langsung yang menyatakan keperluan pengiriman berkas dinas. Kedua, pengirim harus menyertakan salinan berkas dinas yang akan dikirim. Terakhir, pengirim harus melampirkan surat pengantar berkas dinas yang telah ditandatangani oleh atasan langsung.
Cara Membuat Surat Pengantar Berkas Dinas
Berikut adalah beberapa langkah untuk membuat surat pengantar berkas dinas:
1. Buatlah header surat dengan mencantumkan identitas pengirim dan penerima.
2. Tuliskan informasi mengenai berkas dinas yang akan dikirim.
3. Cantumkan alasan pengiriman berkas dinas.
4. Lampirkan salinan berkas dinas yang akan dikirim.
5. Tandatangani surat pengantar berkas dinas oleh atasan langsung.
Contoh Surat Pengantar Berkas Dinas
Berikut adalah contoh surat pengantar berkas dinas:
[Header Surat]
Kepada Yth,
Kepala Kantor Urusan Agama
Kabupaten Bogor
Dari,
Kepala Seksi Pendidikan
Kantor Kementerian Agama
Kabupaten Bogor
[Isi Surat]
Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya tugas dinas yang harus diselesaikan, kami bermaksud mengirimkan berkas dinas sebagai berikut:
- Surat Tugas Dinas
- Laporan Dinas
Dalam surat ini, kami mohon kiranya dapat diterima dan diproses dengan sebaik-baiknya.
Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
[Atasan Langsung yang Menandatangani]
Kesimpulan
Surat pengantar berkas dinas merupakan dokumen penting dalam proses administrasi di instansi pemerintah. Dalam membuat surat pengantar berkas dinas, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dan langkah-langkah yang harus diikuti. Dengan mengikuti tutorial ini, diharapkan dapat membantu Anda dalam membuat surat pengantar berkas dinas yang baik dan benar di tahun 2023.